Sabtu, 28 Februari 2015

RPP PRAKARYA KLS VII SMT 2 kerajinan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan
Mata pelajaran                         : Prakarya
Kelas                                       : VII
Semester                                  : 2 (satu)
Alokasi Waktu                        : 4 x pertemuan (8 jam pelajaran)
Aspek                                      : Kerajinan

Kompetensi  Inti (KI)            :
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar (KD)       :
1.1  Menghargai keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah  Tuhan
2.1  Menghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2    Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan.
2.3    Menghargai kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan.
3.1    Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai wilayah setempat.
4.2     Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai hasil identifikasi di wilayah setempat.


Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.   Mengaplikasikan sikap disiplin, toleransi, dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan.
2.    Mengidentifikasi konsep desain pembuatan karya dan pengemasan karya bahan buatan secara kreatif berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.    Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan yang ada di wilayah setempat.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.        menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan dari bahan buatan sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
2.        mengidentifikasi fungsi, bahan, alat, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan Nusantara dan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3.        merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan dan karya modifikasinya berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
4.        membuat, menguji, dan mempresentasikan karya kerajinan dari bahan buatan di wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.

B.  Materi Ajar
Buku LKS  BAB I tentang kerajinan dari bahan buatan:
Pengertian modifikasi kerajinan dari bahan buatan (plastik, gips, fiberglass, lilin, sabun, dll)
  1. Jenis karya modifikasi kerajinan dari bahan buatan dan fungsinya
  2. Motif ragam hias pada karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
  3. Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya  kerajinan modifikasi dari bahan buatan
  4. Pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan

C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan                         : Scientific dan CTL
Strategi                               :  - Penggalian informasi (inquiry based learning)
-    Presentasi
Model pembelajaran           : Kooperatif
Metode                               : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek, dan ceramah.

D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan-1
1.      Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.  Mengajak berdoa sebelum mulai pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.    Memberi contoh karya kerajinan modifikasi  dari baha alam yang ada dlm kehidupan sehari-hari.
c.    Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,  membahas dengan  mengambil  contoh karya modifikasi (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.                          
d.   Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.    Kegiatan Inti (70 menit)
a.          Mengamati
·         Guru memancing perhatian siswa dengan mengamati produk kerajinan modifikasi dari beberapa bahan buatan yang dibawa atau ditayangkan.
·         Peserta didik diminta untuk mengamati produk kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibawa atau ditayangkan.

b.      Menanya
·      Guru menanyakan nama produk dan  bahan dasar karya kerajinan modifikasi yang di amati
·       Peserta didik  memberi pendapat mengenai nama produk dan bahan dasar karya kerajinan modifikasi yang diamati .

c.       Mengumpulkan data (menyelediki)
·      Peserta didik diminta mengidentifikasi berbagai bahan buatan yang bisa digunakan untuk bahan kerajinan.
·      mendiskusikan dengan cara mengamati dari gambar kerajinan bahan buatan atau model benda kerajinan modifikasi bahan buatan berdasarkan jenis bahan, fungsi, bentuk produk, warna, dan bentuk hiasannya.
·      Peserta didik mengisi LK kelompok. (LK-2)

d.      Mengasosiasi
·      Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat  yang digunakan untuk pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

e.       Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
·      Melaporkan hasil lembar kerja yang telah diisi kepada guru
·      Peserta didik mengungkapkan pendapatnya dan perasaannya tentang pengalamannya yang didapat dari diskusi kelompok tentang karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan

3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c.       Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.           
d.      Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan batu.

Pertemuan-2
1.      Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.    Mengajak berdoa sebelum mulai pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.    Memberi contoh karya kerajinan dari baha alam yang ada dlm kehidupan sehari-hari.
c.    Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,  membahas dengan  mengambil  contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.                           
d.   Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.      Kegiatan Inti (70 menit)
a.      Mengamati
·      Guru memancing perhatian siswa dengan mengamati produk kerajinan modifikasi dari beberapa bahan buatan yang dibawa atau ditayangkan.
·      Peserta didik diminta untuk mengamati produk kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibawa atau ditayangkan.

b.   Menanya
·      Guru menanyakan nama produk kerajinan modifikasi
·      Peserta didik  memberi pendapat mengenai produk kerajinan modifikasi yang diamati

c.    Mengumpulkan data (menyelediki)
·      Peserta didik diminta mengidentifikasi berbagai produk kerajinan modifikasi
·      mendiskusikan dengan cara mengamati dari gambar produk kerajinan modifikasi
·      Peserta didik mengisi LK kelompok. (LK-5)

d.   Mengasosiasi
·      Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, berbagai produk kerajinan modifikasi yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.


e.    Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
·      Melaporkan hasil lembar kerja yang telah diisi kepada guru
·      Peserta didik mengungkapkan pendapatnya dan perasaannya tentang pengalamannya yang didapat dari diskusi kelompok tentang berbagai produk kerajinan modifikasi

3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c.       Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.           
d.      Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan batu.

Pertemuan-3
1.      Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.    Mengajak berdoa sebelum mulai pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.   Memberi contoh karya kerajinan dari baha alam yang ada dlm kehidupan sehari-hari.
c.    Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,  membahas dengan  mengambil  contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.                          
d.   Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.      Kegiatan Inti (70 menit)
a.     Mengamati
·      Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan agar terbangun rasa ingin tahu 

b.   Menanya
·      Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan modifikasi dari bahan buatan  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan 

c.    Mengumpulkan data (menyelediki)
·      Peserta didik diminta mengidentifikasi berbagai teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

d.   Mengasosiasi
·      Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri
e.    Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
·      Membuat laporan dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c.       Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.           
d.      Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan batu.

Pertemuan-4
1.      Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.       Mengajak berdoa sebelum mulai pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.      Memberi contoh karya kerajinan dari baha alam yang ada dlm kehidupan sehari-hari.
c.       Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,  membahas dengan  mengambil  contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.                          
d.      Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.   Kegiatan Inti (70 menit)
a.  Mengamati
·      Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan agar terbangun rasa ingin tahu 

b.   Menanya
·     Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan modifikasi dari bahan buatan  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

c.    Mengumpulkan data (menyelediki)
·      Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

d.   Mengasosiasi
·         Membuat  karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

e.    Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
·      Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
·      Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c.       Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.           
d.      Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan batu.

E.   Sumber Belajar
·         Contoh karya kerajinan dari bahan buatan berupa gambar
·                                 Aneka bahan buatan (plastik, gips, fiberglass, lilin, sabun, dll)
·         Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan di lingkungan setempat

F.   Penilaian
1.       Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
1.      Aneka jenis bahan buatan yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan modifikasi  dari bahan buatan
2.      Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
3.      Aspek yang dinilai:
a.       Apresiasi  20%
b.      Keruntutan  berpikir 20%
c.       Pilihan kata 20%
d.      Kreativitas bentuk laporan 20%
e.       Perilaku  20%

2.      Penilaian Pengamatan, tentang:
1.   Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang ada di lingkungan wilayah setempat 
2.   Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
3.   Aspek yang dinilai:
a.    Kerincian  20%
b.      Ketepatan pengetahuan 20%
c.       Pilihan kata 20%
d.      Keativitas bentuk laporan 20%
e.       Perilaku 20%
3.     Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1.      Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
2.      Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

4.   Laporan portofolio
Dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibuatnya. Aspek yang dinilai:
a.                Proses pembuatan 50%
-    Ide gagasan
-    Kreativitas
-    Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b.      Produk jadinya 30%
-    Uji karya
-    Kemasan
-    Kreativitas bentuk laporan
-    Presentasi
c.       Sikap 20%
-       Mandiri
-       Disiplin
-       Tanggung jawab


Mengatahui
Kepala Madrasah



SUWOKO, S.PD. M.M.PD
Nip. 196606121994031002
Panekan 05 Januari  2015
Guru Bidang Studi Prakarya



NUR HIDAYAT, S.KOM
Nip. 197806302007101002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar