RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan
Mata pelajaran : Prakarya
Kelas : VII
Semester : 2
(satu)
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 jam
pelajaran)
Aspek :
Kerajinan
Kompetensi Inti (KI) :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menghargai
keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1
Menghargai
rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman
karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada
produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri,
dan mandiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan.
2.3
Menghargai kemauan bertoleransi,
disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti
dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan.
3.1
Mengidentifikasi proses modifikasi karya
kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai
wilayah setempat.
4.2
Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai hasil identifikasi di
wilayah setempat.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
1.
Mengaplikasikan sikap disiplin,
toleransi, dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti
dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan
buatan.
2. Mengidentifikasi konsep
desain pembuatan karya dan pengemasan karya bahan buatan secara
kreatif berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.
Membuat karya kerajinan dan pengemasan
dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan
yang ada di wilayah setempat.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta
didik diharapkan mampu:
1.
menyatakan
pendapat tentang keragaman karya kerajinan dari bahan buatan sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur
kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
2.
mengidentifikasi
fungsi, bahan, alat, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan
dari bahan buatan Nusantara dan
di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3.
merancang
pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan dan karya modifikasinya berdasarkan orisinalitas ide
dan cita rasa estetis diri sendiri.
4.
membuat,
menguji, dan mempresentasikan karya kerajinan dari bahan buatan di wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur
yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.
B. Materi Ajar
Buku LKS BAB I tentang kerajinan
dari bahan buatan:
Pengertian
modifikasi kerajinan dari bahan buatan (plastik,
gips, fiberglass, lilin, sabun, dll)
- Jenis karya modifikasi kerajinan dari bahan
buatan dan fungsinya
- Motif ragam hias pada karya kerajinan modifikasi
dari bahan buatan
- Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan
karya kerajinan modifikasi dari bahan
buatan
- Pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan
buatan
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific dan
CTL
Strategi : - Penggalian informasi (inquiry based
learning)
- Presentasi
Model pembelajaran :
Kooperatif
Metode : Penugasan,
tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek, dan ceramah.
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan-1
1.
Kegiatan
Pendahulan (5 menit)
a. Mengajak
berdoa sebelum mulai pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.
Memberi contoh karya kerajinan
modifikasi dari baha alam yang ada dlm
kehidupan sehari-hari.
c.
Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,
membahas dengan mengambil contoh karya modifikasi (gambar/benda langsung) sebagai
perbandingan.
d.
Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi
dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2.
Kegiatan
Inti (70 menit)
a.
Mengamati
·
Guru memancing perhatian siswa
dengan mengamati produk kerajinan modifikasi dari beberapa bahan buatan yang dibawa atau ditayangkan.
·
Peserta didik diminta untuk
mengamati produk kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibawa atau ditayangkan.
b. Menanya
·
Guru menanyakan nama produk dan bahan dasar karya kerajinan modifikasi yang di
amati
·
Peserta didik memberi pendapat mengenai nama
produk dan bahan dasar karya kerajinan modifikasi yang
diamati .
c. Mengumpulkan
data (menyelediki)
·
Peserta didik diminta
mengidentifikasi berbagai bahan buatan yang
bisa digunakan untuk bahan kerajinan.
·
mendiskusikan dengan
cara mengamati dari gambar kerajinan bahan buatan atau
model benda kerajinan modifikasi bahan buatan berdasarkan
jenis bahan, fungsi, bentuk produk, warna, dan bentuk hiasannya.
·
Peserta didik mengisi LK
kelompok. (LK-2)
d. Mengasosiasi
·
Menyimpulkan dan membuat laporan hasil
pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat yang digunakan untuk pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang ada
dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
e. Mengkomunikasikan
(menjalin jejaring)
·
Melaporkan hasil lembar kerja yang telah diisi kepada
guru
·
Peserta
didik mengungkapkan pendapatnya dan perasaannya tentang pengalamannya yang
didapat dari diskusi kelompok tentang karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a.
Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang
telah berlangsung.
b.
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c.
Guru menanyakan
pengalaman apa yang didapat peserta didik
pada pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.
d.
Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun
kelompok
e.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang
yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan
batu.
Pertemuan-2
1.
Kegiatan
Pendahulan (5 menit)
a.
Mengajak berdoa sebelum mulai
pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa
b.
Memberi contoh karya kerajinan
dari baha alam yang ada dlm kehidupan sehari-hari.
c.
Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,
membahas dengan mengambil contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.
d.
Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi
dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2.
Kegiatan
Inti (70 menit)
a. Mengamati
·
Guru memancing perhatian siswa dengan
mengamati produk kerajinan modifikasi dari beberapa bahan buatan yang dibawa
atau ditayangkan.
·
Peserta didik diminta untuk
mengamati produk kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibawa atau
ditayangkan.
b. Menanya
·
Guru
menanyakan nama produk
kerajinan modifikasi
·
Peserta didik memberi pendapat mengenai produk
kerajinan modifikasi yang
diamati
c. Mengumpulkan data (menyelediki)
·
Peserta didik diminta mengidentifikasi berbagai produk
kerajinan modifikasi
·
mendiskusikan dengan
cara mengamati dari gambar produk kerajinan modifikasi
·
Peserta didik mengisi LK
kelompok. (LK-5)
d. Mengasosiasi
·
Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang
pengetahuan, berbagai produk
kerajinan modifikasi yang
ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
e. Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
·
Melaporkan hasil lembar kerja yang telah diisi kepada guru
·
Peserta didik mengungkapkan pendapatnya dan perasaannya tentang
pengalamannya yang didapat dari diskusi kelompok tentang berbagai produk
kerajinan modifikasi
3.
Kegiatan
Penutup (5 menit)
a. Guru
bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c. Guru
menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta
didik
pada pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.
d. Sebagai
kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang
yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan
batu.
Pertemuan-3
1.
Kegiatan
Pendahulan (5 menit)
a.
Mengajak berdoa sebelum mulai
pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa
b.
Memberi contoh karya kerajinan
dari baha alam yang ada dlm kehidupan sehari-hari.
c.
Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,
membahas dengan mengambil contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.
d.
Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi
dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2.
Kegiatan
Inti (70 menit)
a. Mengamati
·
Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian
literatur/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan agar terbangun
rasa ingin tahu
b. Menanya
·
Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan
prosedur pembuatan kerajinan modifikasi dari bahan buatan agar terbangun
rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan
c. Mengumpulkan data (menyelediki)
·
Peserta didik diminta mengidentifikasi berbagai teknik dan prosedur pembuatan
karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap
santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
d. Mengasosiasi
· Membuat
rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan
karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dan pengemasannya
berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri
e. Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
· Membuat laporan dalam berbagai
bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan teknik, dan proses
pembuatan karya kerajinan modifikasi dan pengemasannya dengan
tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibuatnya
sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta
mempresentasikan di kelas.
3.
Kegiatan
Penutup (5 menit)
a. Guru
bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c. Guru
menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta
didik
pada pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.
d. Sebagai
kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang
yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan
batu.
Pertemuan-4
1.
Kegiatan
Pendahulan (5 menit)
a.
Mengajak berdoa sebelum mulai
pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa
b.
Memberi contoh karya kerajinan
dari baha alam yang ada dlm kehidupan sehari-hari.
c.
Tanya jawab seputar kerajinan bahan buatan,
membahas dengan mengambil contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.
d.
Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi
dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2.
Kegiatan
Inti (70 menit)
a. Mengamati
·
Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian
literatur/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan agar terbangun
rasa ingin tahu
b. Menanya
·
Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan
prosedur pembuatan kerajinan modifikasi dari bahan buatan agar terbangun
rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan
c. Mengumpulkan data (menyelediki)
·
Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap
santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
d. Mengasosiasi
·
Membuat karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dan
pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan
sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan
kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
e. Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
·
Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan untuk
memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
· Membuat laporan portofolio dalam
berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan
pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya
dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibuatnya
sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan
di kelas.
3.
Kegiatan
Penutup (5 menit)
a. Guru
bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c. Guru
menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta
didik
pada pembelajaran kerajinan dari bahan buatan ini.
d. Sebagai
kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang
yaitu kerajinan dari bahan buatan diantaranya bambu, rotan, kulit, dan
batu.
E. Sumber Belajar
·
Contoh karya kerajinan dari bahan
buatan berupa gambar
·
Aneka bahan
buatan (plastik, gips, fiberglass, lilin, sabun, dll)
·
Buku pelajaran, buku refensi
yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,
audio-visual, media maya
(internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan di
lingkungan setempat
F.
Penilaian
1.
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
1.
Aneka jenis bahan buatan yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
2.
Pengetahuan, bahan, alat, teknik,
dan proses yang digunakan pada pembuatan
karya kerajinan
modifikasi dari bahan buatan
3.
Aspek yang dinilai:
a.
Apresiasi 20%
b.
Keruntutan berpikir 20%
c.
Pilihan kata 20%
d.
Kreativitas bentuk laporan 20%
e.
Perilaku 20%
2. Penilaian Pengamatan, tentang:
1.
Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya
kerajinan
modifikasi dari bahan buatan yang ada di lingkungan wilayah
setempat
2.
Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
3.
Aspek yang dinilai:
a. Kerincian 20%
b. Ketepatan pengetahuan 20%
c. Pilihan kata 20%
d. Keativitas bentuk laporan 20%
e. Perilaku 20%
3. Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1.
Rancangan
gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis
untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan
2.
Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
4. Laporan portofolio
Dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar
yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan
dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibuatnya. Aspek yang dinilai:
a.
Proses pembuatan 50%
-
Ide gagasan
-
Kreativitas
-
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b.
Produk jadinya 30%
-
Uji karya
-
Kemasan
-
Kreativitas bentuk laporan
-
Presentasi
c.
Sikap 20%
-
Mandiri
-
Disiplin
-
Tanggung jawab
Mengatahui
Kepala Madrasah
SUWOKO, S.PD.
M.M.PD
Nip. 196606121994031002
|
Panekan 05
Januari 2015
Guru Bidang Studi Prakarya
NUR HIDAYAT,
S.KOM
Nip.
197806302007101002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar